Kamis, 31 Januari 2013

sistem koneksi internet


B. Pengertian sistem koneksi internet 

adalah kumpulan artikel yang terkait dengan pengertian sistem koneksi internet.
koneksi internet yang digunakan terdiri dari 2 jenis yaitu koneksi internet dengan menggunakan kabel dan nirkabel (wireless). Tetapi dalam bab ini, kita membahas mengenai koneksi internet dengan menggunakan kabel.
  1. BERBAGAI JENIS KONEKSI INTERNET
Koneksi internet kabel adalah jenis koneksi yang memanfaatkan media kabel sebagai penghantarnya. Koneksi ini juga beragam, baik dari segi biaya maupun kecepatannya. Berikut ini beberapa jenis koneksi internet yang ada :
  1. Dial Up
Merupakan koneksi internet yang memanfaatkan jalur telepon (telepon rumah). Selama online (connect), maka telepon rumah tidak dapat digunakan.
Koneksi dial-up ini pada umumnya digunakan oleh pribadi-pribadi yang menginginkan untuk mengakses internet dari rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umumnya adalah sebuah komputer tunggal bukan jaringan komputer. Koneksi dial-up memang jauh lebih lambat dibandingkan dengan koneksi internet lainnya. Kecepatan maksimum yang didapat hanya sekitar 56 kilo byte persecond (Kbps), kecepatan tersebut bahkan bisa lebih parah pada kondisi tertentu, seperti pada siang hari dimana traffic pengguna telepon sedang meningkat. Selain itu, biaya koneksinya juga masih relatif mahal.
  1. BroadBand
Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel TV dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat sekaligus nonton, artinya tidak berpengaruh. Dan biaya lebih hemat, cukup membayar abonemen TV kabel + biaya internet provider untuk 24 jam online (no limit), kecepatan mulai dari 64 kb – 256 kb. Kelebihan mengakses internet dengan menggunakan jaringan TV kabel dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk. Namun hanya daerah yang dilewati kabel TV yang bisa menggunakan koneksi ini.
  1. ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line)
Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Namun ADSL menggunakan teknologi yang lebih modern. Saat online jalur telepon tidak terganggu, dapat digunakan dalam kebersamaan. Biaya cukup membayar provider internet, sistem perhitungan berdasarkan besarnya kilobyte yang digunakan, koneksi 24 jam online. Kecepatan mencapai 512 kb. Namun hanya daerah tertentu saja yang bisa menggunakan koneksi ini.
Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).
  1. Handphone
Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun USB kabel data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan perkilobyte. Kecepatan mulai dari 64 kb – 2 mb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar